Landasan Pendidikan Pancasila [
landasan merupakan suatu dasar untuk mencapai tujuan,dimana landasan itu sangat
berpengaruh terhadap yang didasarkan,landasan pendidikan pancasila adalah
eruakan salah satu yang mengawali untuk dilaksanakanya suatu pendidikan
pancasila,pendidikan untuk kepribadian yang berasaskan pancasila.berikut
merupakan landasan pendidikan pancasila;
Landasan Historis [ Bangsa Indonesia
terbentuk melalui proses sejarah yang sangat panjang sejak zaman kerajaan
pertama yakni kerajaan kutai,sriwijaya,majapahit sampai datangnya bangsa lain yng menjajah serta menguasai
bangsa Indonesia.beratus-ratus tahun hidup dalam kesengsaraan dan perjalanan
hidupnya berjuang untuk menemukan jati dirinya sebagai suatu bangsa yang merdeka,mandiri serta
memiliki suatu prinsip yang tersimpul dalam suatu pandangan hidup serta
filsafat hidup bangs.serta melalui jalan yang panjang bangsa ini menemukan jati
dirinya sebagai suatu bangsa yang didalamnya tersimpul suatu khas,sifat serta
karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain.yang kemudian oleh para pendiri
bangsa ini dirumuskan dalam satu rumusan yang sederhana namun cukup dalam
maknanya yang meliputi (lima sila) yang kemudian diberi nama pancasila.
Dalam
hidup berbangsa Negara terutama dalam masa reformasi ,bangsa Negara Indonesia
harus memiliki visi dan tujuan yang harus dicapai sertapandangan hidup yang
kuat agar tidak terombang ambing oleh masyarakat internasional,dengan kata lain
bangsa ini harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa,serta
rasa kebangsaan yang kuat.hal ini terlaksana bukan melalui suatu kekuasaan melainkan suatu kesadaran
berbangsa dan bernegara yang berakar pada sejarah bangasa.
Jadi,
secara Hisstoris bahwa nilai-nilai
yang terkandung dalam setiap sila pancasila sebelum dirumuskan ngsa Indonesia
dan disahkan sudah menjadi dasar Negara
Indonesia secara objektif,historis telah dimiliki oleh bangsa indonesia
sendiri,sehingga asal nilai-nilai pancasila timbul dari bangsa Negara itu
sendiri.oleh karna itu berdasarkan fakta objektif seara historis bangsa indonesia tidak dapat
dilepaskan dengan nilai-nilai pancasila.atas dasar pengertian dan alasan
historisinilah maka sangat penting untuk tterus mengkaji dan mendalami,dan
mengembangkann berdasarkan pendekatan ilmiah,yang akan dimiliki suatu kesadaran
serta wawasan kebangsaan yang kuat berdasarkan nilai-nilai yang dimilikinya
sendiri.karna bangsa indonesia secara historis memiliki nilai-nilai
kebudayaan,adat istiadat,serta nilai-nilai keagamaan yang secara historis tela melekat
pada bangsa.
Landasan Kultural [ Setiap bangsa
didunia dalam hidup bermasyarakat,berbangsa dan bernegara senantiasa memiliki
suatu pandangan hidup,filsafat serta pegangan hidup agar tidak terombang ambing
dalam masyarakat internasional.setiap bangsa memiliki ciri khas serrta pandangan
hidup yang berbeda dengan bangsa lain.negara komunisme dan liberalisme
meletakkan dasar filsafatnya dalm suatu konsep idiologi tertentu,misalkan
komunisme mendasarkan idiologinya pada suatu konsep pemikiran Karl Marx.
Berbeda
dengan bangsa lain,indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam
bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara pada asas cultural yang dimiliki dan
melekat pada bangsa itu sendiri.nilai-nilai kenegaraan dan kemasyarakatan yang
terkandung dalam sila-sila pancasila bukanlah bukan hanya merupakan suatu hasil
konseptual seseorang saja,merupaka juga sebagai konsepsi masyarakat yang
merrupakan suatu hassil karya besar indonesia.sendiri yang diangkat dari
nilai-nilai cultural yang dimiliki bangsa ini melalui proses repleksi filosofis
para pendiri Negara seperti soekarno,M.yamin,M.hatta<Sepomo,serta para tokoh
pendiri Negara lainya.
Satu-satunya karya besar bangsa
indonesia yang sejajar dengan karya
besarr bangsa lain didunia ini adlah hasil pemikiran tentang bangsa dn
Negara yang menddasarkan pandangan hidup suatu prinsip nilai yang tertuang
dalam sila-sila pancasila.oleh karna itu para generrasi penerus bangs terutama
kalangan intelektual kampus sudah seharusnya untuk menddalami secara dinamis
dalam arti mengembangkanya sesuai dengan tuntutan zaman.
Landasan Yuridis [ Landasan yuridis
perkulihan pendidikan pancasila di perguruan tinggi tertuang dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang
system pendidikan nasional.pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa system pendidikan
nasional berdasarkan pancasila .dan dianggap bahwa pancasila merupakan sumber
hukum pendidikan nasional.dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa landasan yurisi
merupakan landasan hukum yang mendasari semua kegiatan pendidikan
mengeai hak-hak yang penting seperti komponen struktur, kurikulum,
pengelolaan, pengawasan dan ketenangan . Pendidikan adalah hidup. Pendidikan
adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan
sepangjang hidup.
Landasan Filosofis [ Pancasila adalah
sebagai dasar filsafat Negara dn pandangan filosofis bangsa indonesia.oleh
karna itu,sudah merupakan suatu keharusan morsl untuk secara konsisten
merrealisasikannya dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan
bernegara.hal ini berdasarkan pada suatu kenyataan secara filosofis dan
objektif bahwa bangsa indonesia dalam hidup bermassyarakat dan bernegara
menddaarkan pada nilai-nilai yang tertuang dalam sila-sila pancaila yang secara
filosofis merupakan filosofi bangsan idonesi sebelum mendirikan bangsa.
Secara filosofis,bangsa
indonesia sebelummendirikan bangsa adalah sebagai bangsa yang berkutuhanan dan
berkemanusiaan,hal ini berdasarkan hal yang objektif bahwa manusia adalah
makhluk tuhan yang maha esa.
Sebagai
syarat mutlak suatu Negara adalah adanya persatuan yang terwujudkan sebagai
rakyat (merupakan unsure pokok Negara),sehingga secara filosofis Negara
berpersatuan dan berkerakyatan .dan konsekuensinya rakyat adalah merupakan
dasar ontologis demokrasi,karna rakyat merupakan asal mula kekuasaan Negara.
Oleh
karna itu dalam realisasi kenegaraan termasuk dalam proses reformasi ini
merupakan suatu keharusan bahwa pancasila merupakan sumber nilai dalam
pelaksanaan kenegaraan,baik dalam pembangunan nasional maupun
ekonomi,politik,hukum,social budaya,maupun pertahanan dan keamanan bangsa.
Tujuan Pendidikan pancasila [ Dalam UU
No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan juga termuat dalam SK Dirjen Dikti.No.43/DIKTI/KEP/2006,dijelaskan
bahwa tujuan materi pancasila dalam rambu-rambu pendidikan kepribadian
mengarahkan pada moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari,yaitu
prilaku yng memancarkan iman dan taqwa terhadap tuhan yang maha esa dalam
masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama,kebudayaan dan aneka ragam
kepentingan,memantapkan kepribadian seseorang,agar konsisten dalam mewujudkan
nilai-nilai dasar pancasila,kebangsaan dan cinta tanah air dalam
menguasai,menerapkan dan mengembngkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni
budaya dengan penuh rasa tangggung jawab dan bermoral.
Tujuan pendidikan pancasila bertujuan untuk
menghasikan peserta didik yang berprilaku :
1-memiliki
kemampuan untuk mengambil sikap yang tnggung jawb sesuai dengn hati nuraninya.
2-memiliki
kemampuan untuk dapat mengenali masalah hidup dan kesejahteran serta cara-cara
pemecahanya.
3-mengenali
perubahan-perubhan dan perkembangan ilmu pengetahuan ,teknologi,dan seni
budaya.
4-memiliki
kemampuan untuk memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk
menggalang persatuan indonesia.
Melalui
pendidikan pancasila diharapkan masyarakat indonesia mampu memahami,dan menganalisis dan menjawab
maslah-masalah yang dihadapi oleh maasyarakat,bangsanya,yang secara
berkesinambungan daan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa
indonesia.
Referensi
:
PROF.DR.
kaelan,M.S,2010,pendidikan pancasila:
PARADIGMA,edisi kesembilan,paradigm offset Yogyakarta.
Abdulgani
Ruslan,1998,pancasila dan reformasi :
Imakalah seminar nasional KAGAMA,8 juli 1998 diyogyakarta.